Proses Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Proses Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Dalam periode tahun 2021, beberapa negara termasuk Indonesia sudah mulai melakukan proses vaksinasi covid-19. Ada ketersediaan banyak vaksin yang mulai beredar di berbagai negara, semua sudah memiliki izin edar dan bisa dilakukan penyuntikan. Di Indonesia, proses penyuntikan pertama kali dilakukan kepada presiden Jokowi. Sebagai simbol untuk memberi tahu kepada publik bahwa vaksin aman dan siap digunakan kepada semuanya. Disisi yang lain, proses pemberian vaksinasi ini aman digunakan pada semua masyarakat umum. Vaksin digunakan untuk mempertebal imun tubuh agar ketika virus masuk bisa diatasi dengan baik. Berdasarkan fakta yang ada, mereka yang sudah melakukan vaksi akan lebih kuat saat virus masuk ke dalam tubuh. Inilah penting vaksin yang digunakan kepada banyak orang untuk mengatasi corona virus.

Perkembangan masyarakat terpapar virus akhir-akhir ini kian bertambah banyak. Tidak hanya di DKI Jakarta, tetapi juga di daerah-daerah di seluruh provinsi di Indonesia. Kenaikan ini menjadikan banyak pertanyaan, Selain ada pendapat bahwa jumlah terpapar yang sedemikian pesat disebabkan karena sisa idul fitri. Masyarakat tetap melakukan pertemuan silaturahmi dan berkunjung kerumah-rumah. Mereka tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Akibatnya jumlah masyarakat terpapar semakin banyak. Tidak hanya masyarakat perkotaan saja, tetapi juga sudah masuk ke desa-desa. Tidak jarang masyarakat meninggal tiap harinya di desa karena covid-19.

Selain Vaksinasi Covid-19, 5M Perlu dilakukan secara Ketat

Proses Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
  • Memakai Masker dan Mencuci Tangan

Penjelasan ilmian tentang pentingnya memakai masker ketika hendak keluar rumah sangat penting untuk dilakukan. Masker akan melindungi kinerja virus yang aka masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung. Maka sangat penting masker, kemanapun harus selalu digunakan dengan baik. Tidak hanya masker, sering mencuci tangan juga perlu dibawa saat bepergiaan. Ketika ingin dan sudah selesai memenang sesuai yang sifatnya publik, mencuci tangan dengan sabun menjadi sebuah keharusan. Kini banyak tempat cuci tangan yang tersedia di berbagai tempat pelayanan publik. Ini menjadi saranan yang aman diberikan kepada masyarakat. Agar tangan terhindar dari bakteri dan selalu bersih. Saat makanan masuk kemulut atau tangan memegang tangan atau hidung tidak ada virus yang akan masuk dalam tubuh.

  • Menghindari kerumunan dan Menjaga Jarak

Aturan 5M yang sangat sesuai dengan protokol kesehatan adalah dengan menghindari kerumunan. Alasan logisnya adalah kerumunan antar orang yang tidak disertai dengan menjaga jarak akan sangat memudahkan orang tertular virus corona. Maka anjuran sainstifik dalam mengurangi laju persebaran virus adalah dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Maka, melalui kebijakannya pemerintah melarang masyarakat untuk menggelar acara yang mudah menimbulkan kerumunan. Ini sangat penting dan menjadi catatan kita semua masyarakat awam. Kita sering melihat dimedia, banyak kerumunan yang dibubarkan oleh petugas terkait karena sangat berbahaya.

  • Mengurangi Mobilitas

Aturan untuk tetap dirumah saja menjadi penting, karena saat tidak perlu untuk keluar rumah maka kita tidak akan tertular virus. Untuk mengurani persebaran virus dewasa ini, maka proses vaksinasi covid-19 diutamakan kepada lansia terlebih dahulu.

Vaksinasi dan Pentingnya bagi Kekebalan Tubuh

Pentingnya vaksin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan imun. Para hali berpendapat bahwa melakukan vaksinasi covid-19 masih memiliki resiko tertular. Maka ketika hendak keluar rumah sebaiknya tetap menerapkan 5 M, yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Maka dengan begitu virus akan minim masuk ke dalam tubuh.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *